KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN APLIKASI NEW MEDIA



Sebelumnya terdapat tugas yang menerangkan kelebihan dan kekurangan daripada Youtube dan Twitter. Dalam era teknologi yang maju seperti saat ini semua komunikasi hamper berjalan tidak terbatas. Seperti yang telah saya bahas tentang kegunaan twitter ataupun facebook disini.
Keuntungan menggunakan new media sebagai contoh adalah dengan menggunakan website jejaring social. Dahulu komunikasi lintas benua hampir tidak mungkin terjadi dan berbagai cara dilakukan dengan menerapkan teori teori yang saat itu tidak dapat dinalar oleh manusia, namun dengan berjalannya waktu dan perkembangan ilmu pengetahuan akhirnya tercipta media baru yang dapat menghubungkan hubungan manusia dengan lintas benua. Kebutuhan manusia akan informasi dan komunikasi pun terpenuhi, namun sejumlah kerugian pun banyak lahir dari bentuk media baru yang semacam ini. Kebebasan seseorang untuk mencari informasi semakin menjadikan manusia itu ketergantungan dengan media teknologi yang baru semacam ini.
Ketergantungan terhadap bentuk yang semacam ini membuat sebagian besar manusia khawatir akan dampak yang akan terjadi dimasa depan nanti. Hampir setiap pengguna computer mengakses situs jejaring social seperti facebook, twitter, dan berbagai macam forum yang ada di internet, akibatnya banyak kegiatan yang terbengkalai akibat hal itu mungkin ada beberapa orang yang dipecat dari pekerjaannya.


Seperti berita yang ditulis pada situs wolipop.com yang berjudul “Hati-hati! Facebook Bisa Buat Anda Dipecat” yang dikutip dari Daily Mail:
“ … seorang karyawan di Inggris, sebut saja Stephani, dipecat staf HRD di kantornya karena mengomentari penghasilan atasannya.
"CEO baru kami dapat 4.000 Poundsterling per jam. Saya 7. Cukup adil," tulis Stephani.
Selain Stephani, masih banyak kasus pemecatan yang terjadi akibat postingan statusnya di situs jejaring sosial. Era berkembangnya blog, micro-blogging dan jejaring sosial, sedikit banyak mengaburkan batasan antara kehidupan profesional dengan pribadi … (baca selengkapnya) “
Ada beberapa etika yang harus dipatuhi dalam pengaksesan media baru berupainternet ini dan semuanya adalah tergantung dengan pribadi masing masing.
Salah satu website lain yang sangat mempengaruhi manusia adalah website informasi berupa audio video seperti youtube. Jutaan orang mengakses youtube setiap harinya hanya untuk membagi, melihat dan menanggapi video video yang disebarkan oleh para usernya. Apabila orang yang membagikan video didalam youtube berperilaku baik, maka aka nada pengaruh baik untuk para penontonnya, misalnya tentang cara membuat hidangan penutup atau cara mengakses internet LAN dan lain sebagainya akan memberikan ilmu dan informasi yang baik bagi penontonnya. Namun apabila pembagi video membagikan video berupa video video yang rasis, mengandung konten dewasa maka tidak jarang menyebabkan penonton video itu bertindak buruk. Ada sebuah berita di TV yang memberikan informasi bahwa cara membuat bom dapat dengan mudah ditemukan di website website semacam youtube itu dan alhasil anak SD pun dapat mempraktekkan cara membuat bom itu ke teman temannya dan akhirnya mereka membuat bom dan meledak di rumahnya.
Dengan kemajuan teknologi yang pesat seharusnya masyarakat mengimbangi diri dengan cara mengendalikan diri masing masing untuk tidak menyebar luaskan informasi yang dapat merusak atau menjerumuskan pihak lain.

Penulis : Alfinza Raendina ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN APLIKASI NEW MEDIA ini dipublish oleh Alfinza Raendina pada hari Sabtu, 19 November 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN APLIKASI NEW MEDIA
 

0 komentar: