Sosial remaja jaman sekarang

Banyak remaja jaman sekarang yang tidak memperhatikan lingkungan di sekitarnya atau bisa dikatakan acuh terhadap lingkungan. Sebenarnya masa remaja adalah masa dimana kita harus mengembangkan diri, kita harus pandai-pandai bergaul terhadap lingkungan dan masyarakat. Beberapa remaja ada yang beranggapan bahwa kita hidup untuk kita dan orang lain hanya menilai. Ini adalah tanggapan yang salah, bukankah semasa sekolah dasar dulu kita diajarkan untuk bersosialisasi terhadap sesama karena kita adalah makhluk sosial?

Tidak jarang kita melihat siswa/siswi Sekolah Menengah yang hanya bersenang senang menikmati masa remajanya dengan merusak fasilitas umum tanpa melihat dampak yang dihasilkan dari perbuatannya. Misalnya mencoret-coret fasilitas umum tanpa izin, merusak atau bahkan ada yang menjarah fasilitas umum hanya untuk kesenangan diriya. Ada juga kasus dimana seseorang enggan untuk berinteraksi dengan orang-orang yang ada di sekitarnya.

Manusia itu diciptakan untuk saling berbagi dan melengkapi, jadi sebagai manusia kita sudah seharusnya bisa menjalin hubungan sosial yang baik antara satu dengan lainnya. Apabila kita tidak belajar untuk bersosialisasi dari sejak remaja bagaimanakah kehidupan kita di masa depan? Karena bagaimanapun kita pasti membutuhkan orang lain di dalam hidup kita. Beberapa hal di bawah ini menjelaskan apa yang harus dilakukan seseorang untuk dapat bersosialisasi dengan baik terhadap sesama:

1. Berusaha untuk tidak membanggakan diri sendiri hanya karena orang lain berada di bawah kita baik dalam segi ekonomi, pendidikan dan lain sebagainya.
2. Berusaha ikut merasakan apa yang dirasakan orang lain.
3. Ikut serta dalam kegiatan-kegiatan sosial.
4. Sering meminta pendapat orang lain.
5. Bersikap terbuka dan tidak menyendiri dalam melakukan segala kegiatan.
6. Usahakan untuk sering membuka pembicaraan terhadap orang.
7. Berbicara sesuai apa yang terjadi tanpa melebih-lebihkan.

Hal-hal tersebut dapat mengembangkan pribadi kita sebagai remaja dan ini dapat menjadi bekal kita di masa depan nanti. Beberapa manfaat ketika kita pandai bersosialisasi:

1. Mudah bergaul dimana saja.
2. Memiliki banyak relasi/teman.
3. Mudah beradaptasi dengan lingkungan.
4. Tidak mudah terpengaruh dengan hal-hal negatif.

Apabila kita memiliki banyak teman/relasi kita bisa dengan mudah meminta bantuan kepada teman kita, misalnya ketika kita membutuhkan pekerjaan maka dengan mudah kita meminta bantuan kepada teman/rekan kita.

Penulis : Alfinza Raendina ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Sosial remaja jaman sekarang ini dipublish oleh Alfinza Raendina pada hari Selasa, 12 Oktober 2010. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Sosial remaja jaman sekarang
 

0 komentar: